Minggu, 01 Februari 2009

Jenis-jenis komputer

Jenis-jenis komputer dapat digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu :

A) Berdasarkan data yang diolahnya, komputer terdiri dari 3 jenis, yaitu :
  • Analog computer
1. komputer analog digunakan untuk data yang sifatnya kontinu, dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk phisik, misalnya arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan, dsb.
2. Output dari computer analog biasanya untuk pengaturan suatu mesin. Misalnya pada pabrik kimia, penyulingan minyak, pembangkit listrik, dsb.

  • Digital computer

1. Data yang diterima oleh computer digital ini berupa huruf atau angka
2. Output dari computer digital dapat berupa angka, huruf, gambar, dan grafik
3. Banyak digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik

  • Hybrid computer
Komputer hybrid ini merupakan gabungan dari komputer analog dan komputer digital, sehingga memiliki kemampuan lebih cepat dari computer digital dan lebih tepat dari computer analog.


B) Berdasarkan penggunaannya, komputer terdiri dari 2 jenis, yaitu :

  • Special purpose computer
1. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah khusus, yang biasanya hanya 1 masalah saja, programnya sudah tertentu dan sudah disimpan didalam computer.
2. Sekali sudah diprogram untuk masalah khusus, maka tidak dapat digunakan untuk masalah lainnya tanpa ada perubahan-perubahan yang ada didalam komputernya.
3. Banyak dikembangkan untuk pengontrolan otomatis pada proses-proses industri, misalnya : pada pabrik-pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja, serta untuk tujuan militer, untuk memecahkan masalah navigasi pada kapal selam atau kapal terbang.

  • General purpose computer
1. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang berbeda dengan menggunakan program yang bermacam-macam
2. Kecepatannya lebih rendah dari Special Purpose Computer, karena komputer ini dirancang untuk berbagai keperluan umum sehingga penggunaan memorinya lebih besar.
3. Dapat berupa komputer analog ataupun digital, tetapi pada umumnya berupa komputer digital.


C) Berdasarkan ukurannya, komputer terdiri dari 6 jenis, yaitu :
  • Micro computer
1. Sebutan lain dari micro computer adalah personal computer atau desktop computer atau komputer micro.
2. Perkembangan lebih lanjut dari computer micro ini adalah computer super (super computer) yang merupakan multiuser system.

  • Mini computer
1. komputer ini dapat berupa multi user
2. komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan terhadap aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data.
  • Small computer
1. Disebut juga dengan medium-scale mainframe computer, atau komputer menengah
2. Biasanya digunakan untuk komunikasi data, dengan ratusan terminal yang terpisah dari servernya.
3. Terminal-terminal tersebut biasanya menggunakan micro komputer atau mini computer untuk penerapan konsep distributed data processing, yaitu selain terminal dapat berhubungan dengan komputer pusat juga dapat berdiri sendiri (standalone).

  • Large computer
1. Karena kecepatan dan besarnya memori komputer ini sehingga memungkinkan secara efektif menerapkan sistem time sharing, ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini serentak dari terminal masing-masing pada saat yang bersamaan.

  • Super computer
1. Penggunaan super computer memungkinkan penerapan system time-sharing yang lebih efektif. Ribuan terminal dapat dihubungkan dengan super komputer dan ribuan pemakai dapat menggunakannya pada saat yang bersamaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar